Total Tayangan Halaman

Senin, 22 November 2010

Hikmah Isro' Mi'roj


1.       HIKMAH PERJALANAN ISRO’ MI’ROJ
NABI MUHAMMAD SAW

2.       MENYONGSONG BULAN SUCI RAMADHAN 1430 H

DIambil dari Inti pengajian yang disampaikan oleh Ustadz Didik Purwadarsono
Pada silaturahmi Penyuluh Agama Honorer Kabupaten Bantul, Sabtu,15 Agustus 2009 bertempat di masjid Agung Manunggal Bantul

Dari Perjalanan Nabi Muhammad SAW pada peristiwa Isro’ dan Mi’roj beliau dapat diambil beberapa  hikmah sebegai berikut :

A.      PEMBEDAHAN DADA.
Mengandung hikmah bahwa seorang muslim hendaknya senantiasa melakukan tazkiyatun nafs/penyucian jiwa dari sifat-sifat dan prilaku yang buruk.
B.      HIDUP  VISIONER
Hidup harus mempunyai tujuan yang jelas dan pasti. Tidak boleh setengah-setengah. Hidup seorang muslim hendaknya tetap berpegang teguh terhadap kitab suci al-Qur’an dan sunnah rasul.
Dalam hal ini manusia ada yang dihinggapi penyakit hati yang berupa :
1.       Hawa Nafsu. Seperti sifat malas dll.
2.       Kultus individu. Dasar QS at-Taubah ayat 31.
31.  Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai Tuhan selain Allah[639] dan (juga mereka mempertuhankan) Al masih putera Maryam, padahal mereka Hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

[639]  Maksudnya: mereka mematuhi ajaran-ajaran orang-orang alim dan rahib-rahib mereka dengan membabi buta, biarpun orang-orang alim dan rahib-rahib itu menyuruh membuat maksiat atau mengharamkan yang halal.

C.      BELIAU DIKUNTIT/DIIKUTI  OLEH JIN IFRIT.
Hikmah yang dapat diambil adalah :
Bahwa setiap muslim hendaknya hati-hati dari berbagai godaan dari jenis jin dan manusia.
Perhatikan firman Allah berikut ini, yang terdapat pada QS. Al-An’aam ayat 112.

112.  Dan Demikianlah kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu syaitan-syaitan (dari jenis) manusia dan (dan jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia)[499]. Jikalau Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, Maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan.

[499]  maksudnya syaitan-syaitan jenis jin dan manusia berupaya menipu manusia agar tidak beriman kepada nabi.

D.      BELIAU DIKUNTIT/DIIKUTI  JIN DARI SEBELAH KANAN DAN KIRI
Hikmah yang bias diambil adalah bahwa umat Islam hendaknya waspada dari godaan dari kanan kirinya, seperti program zionisme, kristenisasi dll.
Dasar QS. Al-Baqarah ayat 120.
120.  Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: "Sesungguhnya petunjuk Allah Itulah petunjuk (yang benar)". dan Sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, Maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu

E.       BELIAU DICEGAT OLEH WANITA CANTIK, MEMAKAI PERHIASAN YANG MENGGIURKAN
Hikmah yang dapat diambil adalah ;
1.       Hendaknya umat Islam hati-hati dari pengaruh pergaulan dengan lawan jenisnya. Jangan sampai terperosok, terbujuk oleh rayuannya.agar tidak terjebak pada perbuatan zina.
2.       Hendaknya umat Islam hati-hati dari pengaruh teknologi audio video, terutama tayangan-tayangan film atau acara lainnya yang tidak mendidik. Hal ini dapat kita contohkan ketika jam ibadah sholat ada acara tv yang menarik, akhirnya anak-anak atau orang dewasa tidak segera sholat dan beribadah lainnya tetapi tetap menonton televise sampai selesai.

F.       NABI DIBERI SUGUHAN DUA MINUMAN PUTIH DAN GELAP
Ketika nabi diberi suguhan dua minuman ada yang berwarna putih dan berwarna gelap.nabi Muhammad dengan yakin dan mantap mengambil yang putih. Hal ini memiliki makna/hikmah bagi kita agar dalam kehidupan sehari-hari hendaknya selektif dalam memilih konsumsi yang baik dan halal.






MENYONGSONG BULAN SUCI RAMADHAN 1430 H

Dalam bulan suci Ramadhan ini, mari kita bersama untuk mengajak diri kita, anggota keluarga kita untuk mencapai lima harapan di bulan suci Ramadhan.

Harapan Pertama
Umat Islam kita ajak untuk menjadi orang yang bertakwa.
Harapan Kedua
Umat Islam kita ajak agar bias terbebas dari siksa api neraka.
Harapan Keiga
Umat Islam kita ajak agar bias meraih malam lailatul Qodar
Harapan Keempat
Umat Islam kita ajak agar bias kembali ke idul Fitri (suci)
Harapan kelima
Umat Islam kita ajak agar bias melakukan syawal, atau mengalami peningkatan mutu dan kwalitas diri.

Dari ceramah/pengajian beliau diakhiri dengan penyampaian ayat al-Qur’an yang menerangkan tiga tipe/golongan manusia dalam menerima hidayah AllahSWT, yaitu : yang diterangkan QS. Al-Fathir ayat 32-33.

32.  Kemudian Kitab itu kami wariskan kepada orang-orang yang kami pilih di antara hamba-hamba kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan diantara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan[1260] dengan izin Allah. yang demikian itu adalah karunia yang amat besar.
33.  (bagi mereka) syurga 'Adn mereka masuk ke dalamnya, di dalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas, dan dengan mutiara, dan Pakaian mereka didalamnya adalah sutera.

[1260]  yang dimaksud dengan Orang yang menganiaya dirinya sendiri ialah orang yang lebih banyak kesalahannya daripada kebaikannya, dan pertengahan ialah orang-orang yang kebaikannya berbanding dengan kesalahannya, sedang yang dimaksud dengan orang-orang yang lebih dahulu dalam berbuat kebaikan ialah orang-orang yang kebaikannya amat banyak dan amat jarang berbuat kesalahan.

++++++++++




Tidak ada komentar:

Posting Komentar